Pelatihan virtual Kelapa gratis untuk petani & petugas pertanian, April 2023

Komunitas Pasifik (SPC) menyelenggarakan lokakarya virtual dan fisik untuk petani wilayah Pasifik & petugas pertanian tentang konservasi kelapa in situ pada tanggal berikut: 24/25 April (virtual); 2-4 Mei (PNG, lapangan); 10-12 Mei (Fiji, medan).

Lokakarya, dalam bahasa Inggris, ini akan: 1) Melengkapi petani dan petugas pertanian dengan informasi dan alat yang diperlukan untuk secara efektif melestarikan in situ dan mengembangkan varietas kelapa untuk mata pencaharian yang lebih baik; dan 2) Memperkuat pengelolaan data plasma nutfah varietas kelapa di negara kepulauan Pasifik.

Sesi virtual terbuka untuk semua petani kelapa, tetapi Anda perlu mendaftarkan tarif dengan mengirimkan email ke carmelp@spc.int. Sebutkan negara, lokasi, kontak telepon, dan aktivitas profesional Anda.

Banyak presentasi video dari pertemuan ini sudah online di Youtube. Anda dapat mengakses daftar lengkap dengan mengklik di sini. Jangan ragu untuk berkomentar, bertanya, dan… menyukai videonya!

Ringkasan sesi virtual

Pada hari pertama lokakarya virtual, empat sesi teknis akan disajikan selama empat jam.

Lihat lebih dari 1000 item kelapa!

Sesi pertama akan menyoroti dokumen kolaboratif utama yang dihasilkan sebelumnya yang dapat digunakan oleh petugas pertanian. Dengan menggunakan pendekatan praktis yang sederhana, tiga bagian lainnya akan mencakup metode pengumpulan dan karakterisasi plasma nutfah kelapa, dan pengelolaan data plasma nutfah.

Hari kedua lokakarya virtual, juga selama empat jam, membahas topik yang sama dalam bentuk yang lebih cocok untuk petani. Ini akan memberikan rincian tentang keragaman varietas kelapa, bagaimana keanekaragaman ini bervariasi berdasarkan lingkungan, seberapa sulit mempertahankan dan meningkatkan varietas. Ini akan menjelaskan konsep hibrida, dan cara membuatnya, berkat pemahaman yang lebih baik tentang biologi reproduksi pohon kelapa. Ini menawarkan solusi sederhana bagi petani untuk memelihara dan meningkatkan perkebunan kelapa mereka. Diakhiri dengan diskusi dengan petani tentang kebutuhan mereka terkait varietas kelapa

Lokakarya lapangan di Fiji dan PNG dibatasi untuk 15 peserta nasional, tetapi personel tambahan dapat hadir dengan biaya penyelenggara lokal jika biaya proyek tidak dapat mencakup lebih dari 15 peserta.

Lokakarya pelatihan lapangan akan disampaikan selama tiga hari. Dua hari pertama dirancang khusus untuk petani, tetapi petugas pertanian harus mendampingi/hadir untuk belajar cara melatih petani. Hari ketiga lebih bersifat teknis dan berorientasi pada petugas pertanian, namun petani dianjurkan untuk mengikuti sesi ini jika berminat.

Lokakarya ini akan diadakan di bawah naungan proyek yang didukung oleh Dana Pembagian Manfaat FAO-ITPGRFA berjudul: Menjaga keanekaragaman kelapa yang terancam di dalam Bank Gene Kelapa Internasional yang ditingkatkan untuk Pasifik Selatan.

© R. Bourdeix, section DIFF-009, 2023